Cara Perawatan Jalan Agar Tahan dari Kerusakan

perawatan jalan

Mengaspal.com – Kerusakan jalan aspal memang merupakan hal yang wajar, terlebih lagi jika jalan aspal tersebut sudah kita gunakan dalam jangka waktu yang lama. Walaupun begitu, bukan berarti kita dapat membiarkan jalan aspal begitu saja tanpa melakukan perawatan. Perawatan atau pemeliharaan jalan ini juga merupakan aspek penting. Selain untuk mencegah terjadinya kerusakan, perawatan jalan ini juga akan membuat jalan aspal semakin tahan lama dan dapat kita gunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Cara Perawatan Jalan

Apakah anda penasaran bagaimana cara perawatan jalan aspal? Jika anda tertarik untuk mengetahui cara merawat jalan aspal, kami akan merangkumnya untuk anda cara perawatan jalan di bawah ini.

Membangun saluran drainase yang benar

Salah satu cara yang paling penting dalam merawat jalan aspal adalah dengan membangun saluran drainase air yang benar. Hal ini karena saluran drainase memegang peranan penting untuk menjaga kestabilan jalan aspal. Sebagai daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi, tentu sangat penting untuk membangun saluran drainase yang tepat agar air bisa mengalir ke tempat yang seharusnya dan tidak menggenang di atas permukaan aspal. Karena genangan air dan banyaknya air yang terserap oleh lapisan aspal akan membuat aspal cepat rusak. Jadi untuk melakukan perawatan pada jalan aspal anda, anda harus memastikan bahwa saluran drainase air berfungsi dengan baik.

Membatasi beban kendaraan yang melintas

Salah satu penyebab yang sering membuat jalan aspal cepat rusak adalah beban kendaraan yang berlebihan atau tidak sesuai dengan kekuatan jalan aspal tersebut. Sehingga menjadi sangat penting bagi anda untuk membatasi beban kendaraan yang melintas sesuai dengan kualitas jalan aspal tersebut. Agar hal ini mudah untuk dilakukan anda juga sebaiknya mengetahui beban kendaraan yang biasanya melintas di jalan tersebut sebelum membuat jalan aspal. Dengan demikian, lapisan aspal yang kita gunakan sudah sesuai dengan beban kendaraan. Sehingga aspal tidak akan mudah rusak.

Melakukan perbaikan secara berkala

Sebaik apapun kita mencegah terjadinya kerusakan, kerusakan pada jalan aspal pasti akan tetap terjadi. Namun sebelum kerusakan ini semakin parah, anda tentunya dapat melakukan pencegahan dini. Pencegahan agar jalan aspal tidak rusak total adalah dengan melakukan perbaikan atas kerusakan kecil yang dapat membuat kerusakan yang lebih parah pada jalan aspal. Perbaikan kecil ini dapat berupa penambalan lubang yang terbentuk di atas permukaan aspal, Pemburasan, perbaikan tepi jalan aspal dan lain-lain. Dengan melakukan perbaikan ini, maka kerusakan yang lebih parah dapat kita cegah. 

Perawatan trotoar dan bahu jalan

Selain melakukan perbaikan kecil, perawatan jalan juga harus kita lakukan dengan melakukan perawatan pada trotoar jalan. Hal ini karena trotoar jalan juga dapat berfungsi sebagai penyangga lapisan aspal agar tidak terkikis. Jadi jika trotoar jalan kita rawat dengan baik, maka jalan aspal pun akan tetap pada posisinya dan tidak akan mengalami deformasi sehingga jalan aspal akan semakin tahan lama dan awet.

Berikut cara merawat jalan aspal agar lebih tahan lama. Perawatan ini dapat anda lakukan sendiri atau anda dapat menggunakan jasa pengaspalan. Terlebih lagi saat ini jasa pengaspalan jalan juga menyediakan garansi atas pembangunan jalan aspal. Sehingga jika terjadi kerusakan, maka perusahaan tersebut akan bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan. Jadi anda akan menghemat biaya perawatan dengan memilih jasa pengaspalan. Yuk segera konsultasikan proyek pembangunan jalan anda sekarang juga ya!

mengaspaladmin