Pengertian Aspal Overlay

Apakah Anda sudah mengenal aspal overlay? Tentu, dalam proyek pengaspalan jalan, aspal overlay menjadi jenis aspal yang harus teraplikasi. Kapan pengaplikasiannya dan bagaimana sifat aspal ini, berikut penjelasannya.


pengertian aspal overlay dan penggunannya

Aspal overlay merupakan lapisan aspal baru yang pengaplikasiannya berada tepat di atas dasar yang ada (aspal lama) pada jalan atau tempat parkir. Lapisan baru ini umumnya memiliki ketebalan sekitar 1,5 hingga 3 inci.

Ini tergantung pada kebutuhan aspal dan kedalaman permukaan aspal tersebut. Lapisan aspal tidak boleh serta merta sebagai alternatif yang memadai untuk perkerasan. Tetapi ini merupakan langkah alternatif memperpanjang masa manfaat permukaan beraspal jika dasar perkerasan masih dalam kondisi yang baik.

Baca Juga : Jasa Pengaspalan Bogor

Kapan Waktu Penerapan Overlay Aspal yang Tepat?

Sebagai kontraktor jasa pengaspalan jalan berpengalaman, kami sarankan untuk memperhatikan tanda yang menunjukkan sudah waktunya lapisan aspal membutuhkan beberapa jenis perbaikan. Perbaikan ini pelapisan aspal (aspal overlay), perkerasan baru atau hanya penambalan. Beberapa tanda tersebut antara lain:

  • Retak
  • Permukaan perkerasan tidak rata
  • lubang

Retak dan lubang yang segera mendapat segel akan memperpanjang umur jalan atau tempat parkir. Ini juga dapat mencegah masalah tersebut memburuk karena cuaca, penggunaan berat, dan berlalunya waktu.

Memperbaiki cacat dan kerusakan juga penting dari sudut pandang kewajiban dan estetika. Lubang bisa membahayakan bagi pejalan kaki dan dapat merusak kendaraan. Tidak ada bisnis yang ingin melihat pelanggan atau karyawan mereka terluka akibat jalan di area bisnis berlubang. Solusi restoratif yang Anda pilih harus didasarkan pada usia perkerasan aspal dan tingkat keparahan masalah.  

Jika pengaspalan ulang pada tempat parkir komersial dalam lima atau 10 tahun terakhir, pengaspalan ulang secara total kemungkinan akan berlebihan. Namun, jika lubang dan retakan sering menyebabkan masalah, penambalan dasar mungkin tidak cukup untuk mengatasi masalah.

Solusi yang tidak terlalu mengganggu dan lebih terjangkau adalah pelapisan aspal. Aspal overlay akan memberikan hasil yang lebih halus dan lebih konsisten daripada hanya menutup retakan dan mengisi lubang. Overlay aspal akan menghasilkan tampilan yang lebih estetis dan menarik serta memperbaiki masalah mendasar.

Biaya Aspal Overlay

Biaya akhir pekerjaan pengaspalan bergantung pada banyak faktor yang berbeda. Jadi kami tidak ingin memberi Anda harapan yang tidak realistis dengan memberikan perkiraan spesifik di sini. Penilaian di tempat selalu menjadi aspek penting untuk memberikan penawaran paving aspal yang akurat.

Namun, dalam banyak kasus, biaya pelapisan aspal kemungkinan sekitar 60 persen dari biaya pengecatan ulang total. Biaya akan tergantung pada berapa banyak permukaan aspal yang perlu mendapat perbaikan dan ukuran area yang perlu mendapat lapisan. Termasuk juga fitur properti lainnya yang dapat mempengaruhi panjang dan kerumitan pekerjaan.

Dari sudut pandang visual, pengerukan dan pelapisan aspal akan terlihat sangat mirip. Dari perspektif biaya, lapisan aspal hampir selalu menjadi pilihan yang lebih menarik, kecuali jika itu bukan solusi jangka panjang.

Memasang lapisan aspal di atas dasar yang buruk tidak akan memperbaiki masalah mendasar dari perkerasan asli. Justru akan menghabiskan banyak waktu dan biaya karena dasar yang buruk tidak akan membuat aspal overlay tahan lama. Dalam situasi itu, Anda lebih baik menghabiskan 40 persen lebih banyak untuk memperbaiki tempat parkir jalan daripada aplikasi aspal overlay.

Proses Pelapisan Aspal

Apa perbedaan aspal overlay dengan mengganti lapisan aspal baru? Perbedaan utama berkaitan dengan jumlah aspal lama yang terganti dan kedalaman aspal yang teraplikasi kembali. Proses pelapisan aspal biasanya memerlukan:

  1. Menghilangkan lapisan permukaan aspal. Kami menggunakan mesin penggilingan aspal untuk menggiling antara 1 sampai 3 inci dari lapisan atas aspal. Tergantung pada kedalaman retak, raveling atau kerusakan lain yang perlu segera mendapat restorasi. Aspal giling akan diangkut dari properti Anda untuk masuk pada proses pendauran ulang.
  2. Langkah selanjutnya dari aspal overlay adalah menggunakan sejumlah metode restoratif untuk memperbaiki dan memperkuat aspal dasar. Perhatikan alur beberapa masalah seperti lubang atau keretakan.
  3. Lapisan permukaan aspal yang baru kemudian akan teraplikasi pada dasar yang hendak mendapat perbaikan. Kedalaman lapisan permukaan dapat menyesuiakan dengan berdasarkan kebutuhan. Namun, biasanya ketebalannya sama dengan permukaan yang dihilangkan selama penggilingan.

Jadi, ada aturan khusus untuk mengaplikasikan aspal overlay agar lapisan bertahan lebih lama sesuai harapan. Pastikan Anda menggunakan jasa kontraktor pengaspalan profesional yang paham tentang aspal overlay. Sehingga investasi yang Anda keluarkan akan lebih menguntungkan daripada harus memperbaiki total atau mengganti dengan yang baru.

mengaspaladmin