Cat Thermoplastic Marka Jalan

Apa itu cat thermoplastic? Jika Anda tahu, ternyata jenis cat ini merupakan bahan material yang seringkali digunakan untuk proses pengecatan marka jalan.

Tentu saja, jenis cat ini berbeda dengan cat tembok atau dinding pada umumnya. Mengingat, marka jalan yang memiliki fungsi penting sebagai rambu-rambu jalan. Maka, sudah pasti memerlukan cat berkualitas tinggi dan punya daya tahan tinggi terhadap berbagai cuaca.

Nah, biasanya cat tipe thermoplastic sendiri merupakan bahan untuk keperluan cat marka jalan terbaik sehingga sering menjadi pilihan bagi para penyedia jasa marka jalan di kota-kota besar. Sebut saja seperti jasa pengecatan marka jalan di area Jabodetabek misalnya.

cat thermoplastic

Apa itu Cat Thermoplastic?

Sebagai informasi, jenis cat yang biasa digunakan untuk pembuatan marka rambu-rambu jalan ini merupakan material yang berbahan dasar utama dari resin thermoplastik.

Secara struktur, komposisi cat thermoplastik juga terdiri dari bahan lain, berupa pigmen titanium dioksida serta zat manik kaca atau gas bead reflective. Sementara itu, untuk wujudnya sendiri berupa bubuk atau powder. Sifatnya tebal, tahan lama, dan reflektif sehingga cocok jika diaplikasikan untuk marka jalan.

Untuk penggunaannya, bubuk cat thermo ini perlu dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 200 derajat. Tentu saja, untuk penerapannya sendiri perlu menggunakan alat tersendiri, baik saat memanaskannya termasuk saat pengaplikasiannya di jalan.

Penggunaan Cat Thermoplastic

Untuk penggunaannya sendiri, cat jenis thermoplastic ini memerlukan mesin khusus untuk memanaskannya sampai apda suhu 200 derajat. Lalu, melelehkan dan mengaduknya untuk disemprotkan pada permukaan jalan sebagai penanda garis marka jalan.

Cara ini biasanya sering menjadi langkah penerapan yang umum dilakukan oleh para tenaga pengecatan garis marka jalan.

cat marka jalan

Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan

Adapun cat tipe ini memiliki keunggulan yang membuatnya cocok sebagai bahan utama dalam proses pengecatan garis marka jalan. Antara lain :

1. Daya Tahan Tinggi

Karena memang sebagai bahan khusus untuk marka jalan maka tak heran jika kualitas dari jenis cat ini bersifat awet, tebal, dan memiliki ketahanan tinggi terhadap berbagai perubahan cuaca.

2. Cat Thermoplastic Cenderung Lebih Cerah dan Tidak Mudah Luntur

Selain itu, penggunaan cat jenis thermo tersebut juga akan membuat marka jalan menjadi lebih cerah dan tidak mudah luntur meski terkena terik matahari di jalanan. Apalagi jika suhu kota tersebut terbilang tinggi seperti marka jalan di Jakarta misalnya.

3. Mudah dan Terjangkau

Penggunaan tipe cat thermoplastik sendiri juga tak bisa lepas dari kemudahannya saat digunakan untuk mengecat atau membuat marka di jalan. Bahkan, dari segi biaya tentunya harga cat marka thermoplastic pun terbilang cukup terjangkau dan sepadan dengan kualitas dari cat tersebut.

Kekurangan

Disisi lain, ada pula beberapa aspek kekurangan dari cat ini yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Antara lain :

1. Licin

Umumnya, jika kondisi cat masih baru maka sifatnya licin sehingga akan membuat kendaraan lebih berpotensi mengalami tergelincir. Apalagi, saat musim hujan tiba.

2. Proses Pemanasan Memakan Waktu Lama

Disisi lain, dalam penggunaannya pun memerlukan proses yang agak lama. Terutama, saat proses pencairan atau pemanasan bubuknya. Sehingga, memerlukan waktu yang tidak sebentar.

harga cat thermoplastic

Harga Cat Thermoplastic

Kemudian, berbicara soal harganya sendiri, tampaknya kisaran harga untuk penggunaan cat khusus pembuatan marka jalan ini variatif. Tergantung dari merk cat itu sendiri dan juga hitungan per meter dari panjang jalannya. Kisarannya mulai Rp 67.000 hingga Rp 275.000.

Jika Anda butuh jasa pembuatan marka jalan, kami Mengaspal.com siap membantu Anda dalam pengerjaan proyek dengan para tim ahli profesional. Untuk info selengkapnya, Anda bisa menghubungi tim kami melalui kontak berikut.

mengaspaladmin